24 December 2025

Pelatihan Seni Kaligrafi UKM KESENIAN Dan KEARIFAN LOKAL IAI At-Taqwa Bondowoso

Pelatihan Seni Kaligrafi UKM KESENIAN dan KEARIFAN LOKAL IAI At-Taqwa Bondowoso

Bondowoso  Segala puji bagi Allah SWT atas limpahan rahmat-Nya, sehingga pelatihan Seni Kaligrafi UKM Kesenian dan Kearifan Lokal IAI At-Taqwa Bondowoso terlaksana dengan baik pada hari Kamis, 18 Desember 2025. Kegiatan ini mengembangkan potensi bakat dan minat mahasiswa dalam berkesenian dan melestarikan tradisi kaligrafi sebagai kekayaan peradaban Islam.

Pelatihan Seni Kaligrafi ini menghadirkan Muhammad Zaim Ainur Rifqi, S.Pd sebagai pelatih, yang dikenal aktif dalam dunia kaligrafi dan pembinaan seni tulis indah bernuansa islami. Di bawah bimbingan pembina UKM oleh Ibu Kurniah Astutik, M.Pd, kegiatan berlangsung dengan suasana hangat dan interaktif. 

Mahasiswa tidak hanya dikenalkan pada dasar-dasar bentuk huruf Arab dan kaidah penulisan kaligrafi, tetapi juga diajak memahami nilai estetika, ketekunan, dan kekhusyukan yang menyertai proses berkesenian dalam perspektif Islam.

Pada sesi awal, pelatih memberikan pengantar sejarah singkat tentang Seni Kaligrafi Islam dan pentingnya menjaga adab menulis ayat suci Al-Qur’an maupun lafadz-lafadz mulia. Melalui bimbingan langsung peserta memperbaiki bentuk tulisan, komposisi, dan konsistensi goresan, serta mempraktikkan teknik dasar goresan pena khusus kaligrafi dari huruf per huruf hingga kata sederhana. 

Ibu Kurniah Astutik, M.Pd selaku pembina UKM menyampaikan pelatihan ini menjadi langkah awal menguatkan kesenian islami di kampus. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat mahasiswa serta menanamkan nilai religius, kedisiplinan, dan kecintaan terhadap budaya lokal yang sejalan dengan ajaran islam.

 Dr. Miftahus Salam, S.Pd.I selaku Wakil Rektor III menegaskan bahwa akan berkomitmen dan mendukung untuk memfasilitasi kegiatan mahasiswa dalam berkesenian dan berkearifan lokal, sehingga diharapkan dapat melahirkan generasi muslim berilmu, berakhlak, serta memiliki estetika tinggi.